Bisnis Kreatif dan 4 Taktik Sederhana untuk Sukses

Direktur Jendral Industri Kecil dan Menengah (IKM) mengatakan bahwa Industri kreatif merupakan kegiatan usaha yang fokus pada kreasi dan inovasi. Industri kreatif masih potensial untuk digarap, dan Indonesia kaya akan budaya serta tradisi yang bisa menjadi sumber kreativitas. Pendapat tersebut menegaskan bahwa ide kreatif menjadi sumber daya ekonomi yang utama. Ditambah dengan munculnya bisnis kreatif seiring meningkatnya kreativitas masyarakat di Indonesia. Sekarang, pemerintah juga turut mendukung perkembangan industri kreatif di Indonesia sehingga usaha ini menjadi semakin potensial.

Menurut Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), ada 16 subsektor industri kreatif, yaitu:

  1. Aplikasi dan pengembang permainan
  2. Arsitektur
  3. Desain interior
  4. Desain komunikasi visual
  5. Desain produk
  6. Fashion
  7. Film, animasi, dan video
  8. Fotografi
  9. Kriya
  10. Kuliner
  11. Musik 
  12. Penerbitan
  13. Periklanan
  14. Seni pertunjukan
  15. Seni rupa
  16. Televisi dan radio 

Semakin banyak subsektornya, maka persaingan juga akan semakin ketat. Maka diperlukan strategi untuk menghadapinya. Apa saja taktiknya?

 

  • Tetapkan target dan segmen pasar yang memiliki peluang besar

 

Menjadi wajib untuk menentukan siapa target serta segmen yang akan disasar. Berdasarkan dua hal tersebut, kita bisa menentukan produk yang sesuai seperti apa, dijual pada rentang harga berapa, serta apakah dijual di toko online atau offline. Selain itu kita juga bisa menentukan pelayanan yang akan diberikan serta rencana pengembangan produk agar lebih kreatif dan inovatif.

 

  • Belajar dari kompetitor

 

Ketika berbisnis tentunya kita tidak bisa menghindari yang namanya pesaing. Meskipun usaha yang dirintis tergolong baru, semakin lama akan muncul banyak kompetitor yang juga menjual produk sejenis. Dengan membandingkan produk kita dengan kompetitor akan membantu dalam mengenali kelebihan dan kekurangan dari produk sendiri. Selain itu kita juga bisa belajar strategi pemasaran yang dilakukan pesaing. Dengan begitu, kita bisa menciptakan diferensiasi dari produk kita sendiri.

 

  • Selalu utamakan kualitas produk

 

Konsumen tidak selalu tergiur dengan harga yang murah. Sebaliknya, mereka akan membayar dengan harga lebih mahal jika kualitas produk juga terjamin. Jadi, jangan sampai menurunkan kualitas produk demi harga yang murah, ya. Selalu utamakan kualitas demi kepuasan konsumen kita.

 

  • Jangan bosan untuk selalu berinovasi

 

Selalu menciptakan ide-ide baru adalah kunci untuk bertahan di industri kreatif. Melalui ide kreatif, maka kita bisa mengembangkan bisnis dengan inovasi-inovasi terbaru. Salah satunya dengan terus melihat perkembangan tren dan melakukan diskusi untuk bertukar pikiran. Dengan demikian, kita terus bisa eksis di industri kreatif. 

Alfa produktion adalah salah satu usaha yang bergerak di sektor fotografi. Berdedikasi untuk membantu individu maupun perusahaan dalam bidang dokumentasi dan promosi dengan hasil yang cepat, modern, dan berkualitas tinggi. Bagi Anda yang membutuhkan bantuan kami, Alfa Produktion siap menerima panggilan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *