Tertarik Foto Produk Outdoor? Kamu Wajib Ketahui 4 Hal ini!

Sebelum memutuskan membeli sebuah barang, biasanya konsumen akan melihat foto barang tersebut yang tersedia di sebuah website, sosial media, ataupun marketplace. Foto sebuah produk memang sangat memengaruhi minat dan kepercayaan konsumen serta berujung pada keputusannya untuk jadi membeli atau tidak. Maraknya online shop yang menjual barang fashion membuat persaingan semakin ketat. Dengan produk yang sejenis, jadi bagaimana konsumen bisa membedakannya? Tentu saja dari foto yang dipajang oleh masing-masing penjual. Foto dengan visual menarik akan memenangkan hati para calon pembeli. 

Pemotretan produk fashion bisa dilakukan di indoor maupun outdoor. Akan tetapi, pengambilan foto outdoor dipandang lebih menguntungkan, sebab tidak memerlukan biaya besar seperti ruang studio maupun lampu bantuan untuk pencahayaan. Lalu, bagaimana caranya agar foto yang dihasilkan tampak profesional?

 

  • Pilih lokasi yang mendukung untuk pemotretan

Sebelum melakukan foto produk fashion, sebaiknya survei dulu lokasinya. Bisa juga meminta bantuan fotografer untuk memilih lokasi yang bagus sesuai tema pemotretan. 

 

  • Tentukan waktu yang tepat

Setelah memilih lokasi terbaik, selanjutnya tentukan waktu pemotretan. Karena dilakukan di luar ruangan, cuaca di lokasi harus diperhatikan, karena akan berpengaruh pada hasilnya nanti. Sebagai tips, usahakan tidak melakukan pemotretan saat sedang terik untuk menghindari bayangan yang muncul di wajah model. 

 

  • Latar belakang jangan dilupakan

Selain latar belakang lokasi, background tambahan juga perlu diperhatikan. Sebisa mungkin bisa memfokuskan juga pada pemilihan background yang cocok agar hasilnya lebih memukau. 

 

  • Jangan ragu untuk menyimpan dalam bentuk RAW

Memang benar, bahwa format RAW perlu memori lebih besar daripada format JPEG. Akan tetapi, hasil foto akan lebih detal dan memudahkan proses pengeditannya. Format RAW juga memiliki rentang yang dinamis dan bisa digunakan untuk memulihkan efek overexposed selama editing

Foto luar ruangan tentu saja juga membutuhkan pertimbangan. Jika tertarik, kamu bisa belajar sendiri atau menggunakan jasa fotografer seperti Alfa Produktion. Selain foto, Alfa Produktion juga memberikan penawaran jasa dalam bentuk video, sehingga iklan untuk produk kamu lebih bervariasi. Menarik, bukan?