Digital Branding dalam Dunia Bisnis, Memangnya Penting?

Dalam dunia bisnis, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah marketing dan branding. Jika marketing berbicara tentang bagaimana mengenalkan produk kepada calon konsumen, maka branding adalah strategi mengenalkan produk melalui identitas atau merek. Jika marketing bisa dilakukan dalam waktu yang relatif singkat, branding tidak demikian. Menciptakan branding awareness butuh waktu yang cukup lama dengan menampilkan diferensiasi dari produk sejenis sehingga terbangunnya kepercayaan konsumen. 

Seiring berkembangnya teknologi, semua menjadi serba online termasuk dalam melakukan branding. Pada dasarnya, digital branding menggunakan cara yang sama dengan cara yang lama, namun dari segi platform, digital branding dinilai lebih efektif. Lalu, apa saja yang membuat digital branding menjadi penting?

 

  • Sesuai tujuan, digital branding akan memudahkan Anda dalam meraih awareness 

 

Karena tujuan branding adalah untuk mendapatkan awareness khususnya calon pelanggan, dengan memanfaatkan sistem digital, Anda akan lebih mudah melakukannya. Misalnya menggunakan instagram untuk berinteraksi dengan calon pelanggan akan menunjukkan bahwa perusahaan Anda ramah terhadap mereka, membuat mereka tertarik untuk mengenal brand Anda lebih dalam sehingga perlahan calon pelanggan akan lebih aware terhadap produk Anda. Tentu saja ini menjadi angin segar karena secara tidak lansung, Anda bisa menjaring calon konsumen baru.

 

  1. Cara yang efisien dalam mempromosikan produk

Daripada menyebar brosur atau memasang iklan di spanduk atau billboard, digital branding menjadi cara yang ampuh dan lebih efisien untuk melakukan promosi. Tanpa mengeluarkan biaya yang besar, dengan sekali klik, Anda bisa mengenalkan produk Anda kepada banyak orang. Tidak perlu waktu yang lama, promosi yang Anda lakukan akan tersebar ke banyak pengguna sosial media. 

 

 

  • Jangan lupakan networking

 

Kunci dari penggunaan sosial media adalah untuk membangun networking yang lebih luas. Maka branding yang tepat harus dilakukan agar Anda tidak kehilangan kesempatan emas saat mendapatkan jaringan yang potensial. Jangan tergiur dengan jual beli followers karena belum tentu akun yang dijual adalah akun asli alias fake. Dengan cara organik, Anda akan lebih mudah dalam memperluas networking dengan tujuan ekspansi pangsa pasar bisnis Anda.