Fakta Tentang Video

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas video terus mengalami peningkatan. Bahkan, disebutkan dalam data dari Cisco VNI bahwa video diperkirakan akan mendominasi konten pemasaran digital sebanyak 82% di tahun 2021 mendatang. Dikutip dari detikhealth, pada dasarnya otak manusia lebih menyukai segala sesuatu yang berbentuk gambar dan warna. Karena gambar bisa memiliki sejuta arti sedangkan warna akan membuat segala sesuatu menjadi lebih hidup. Pernyataan tadi menguatkan data dari Tubular Insight bahwa sekitar 64% orang akan membeli produk setelah menonton konten video sebagai media audio visual yang menampilkan gerak. 

Lalu, apa saja yang menjadikan video begitu penting?

 

  • Video satu menit setara dengan 1,8 juta kata 

Ini menurut Dr. James McQuivey dari Forrester Research. Bayangkan saja, jika satu menit video mengandung 1,8 juta kata, maka energi dan waktu kita akan lebih banyak tersimpan. 

 

  • Bisa menangkap perhatian audiens 

Para pengunjung website biasanya membutuhkan 8 detik untuk menentukan mereka tertarik atau tidak. Jika lewat dari 8 detik dan tidak tertarik, maka kita akan kehilangan pengunjung. Pentingnya video di sini adalah bisa mengambil perhatian pengunjung dalam waktu lebih dari 8 detik.

 

  • Promosi dengan video lebih efektif

Diode Digital menemukan bahwa promosi dengan video 600% lebih efektif dibanding dengan tulisan dan direct mail.

 

  • Youtube menjadi platform kedua paling populer setelah Google

Berdasarkan riset Google Indonesia, 92% pengguna Indonesia menyatakan Youtube adalah tujuan pertama mereka ketika mencari konten video. Mereka bukan hanya mencari video hiburan melainkan juga untuk belajar atau mendapatkan informasi. Menurut Google, makin banyak brand menyadari potensi Youtube untuk menarik konsumen melalui penyampaian pesan yang kreatif. Misalnya dengan teknik storytelling

 

  • Merefleksikan produk yang sesungguhnya

Sebelum memutuskan untuk membeli, calon konsumen akan lebih teliti untuk memastikan bahwa barang yang diiklankan sesuai dengan ekspektasi mereka. Melalui video, penjual akan lebih mudah dalam meyakinkan calon konsumen dengan menampilkan barang secara detail dilengkapi dengan value dan benefit dari produk tersebut. 

 

  • Lebih shareble daripada tulisan

Bagaimana caranya agar video menjadi lebih mudah dibagikan?

  • Setiap platform punya strateginya masing-masing, baik itu di Youtube, Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya.
  • Memberikan solusi dengan cara yang mudah dilakukan.
  • Jangan terlalu lama menembak pada sasaran. Get the point, fast.

Dari enam poin di atas sudah sangat meyakinkan bahwa video memiliki pengaruh besar dalam menarik perhatian calon konsumen. Untuk Anda yang tertarik untuk membuat video promosi bagi bisnis Anda, Alfa Produktion siap menerima panggilan Anda. Alfa Produktion telah melayani 196 klien dari seluruh Indonesia. Untuk melihat video-video yang telah kami hasilkan, Anda bisa melihat di https://alfaproduktion.com/portofolio/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *